SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN KOMPETENSI KEAHLIAN TKRO

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), pertama di buka di SMK Bina Kerja sesuai dengan Tahun pertama berdirinya SMK Bina Kerja di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bina Kerja Kab. Purwakarta yaitu Tahun 2002.
Pada saat pertama di buka dengan kurikulum lama, bidang Keahlian ini masuk dalam Bidang Keahlian Teknologi dan Industri dengan Jurusan Mesin Otomotif (MO) yang meliputi semua mesin kendaraan bermotor dari roda 2 sampai roda di atas 8. Kemudian mendapatkan sertifikat Akreditasi (Pengakuan untuk kemandirian) dari Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Jawa Barat pada tahun 2004.
Dalam perjalannya terdapat perubahan Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah yang memecah Jurusan dalam Bidang Keahlian menjadi spektrum pada Tahun 2009. Sehingga Juruan menjadi Prograam Keahlian Teknik Otomotif dan Kompetensi Keahlian (KK) Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang mempelajari khusus Kendaraan Roda 4 termasuk service berkala nya.

Alhamdulillah KK TKR ini pada Tahun 2010 dan Tahun 2015 mendapatkan Akreditasi Kembali yg ke 2 dan ke 3 kalinya dengan Nilai B. Serta Layak untuk melaksanakan Ujian Mandiri Mulai Tahun 2005 tanpa menginduk di Sekolah lain dengan Fasilitas yang Cukup Layak dan sangat layak melaksanakan Uji Kompetensi KEahlian (UKK/Ujikom) di Tahun 2011.
Bahkan di Tahun 2019 di percaya oleh SMK Swasta yang lain untuk membimbing siswa TKR dalam Ujikom/UKK.

Pada Tahun 2017 Mulai melaksanakan Kurikulum 2013 di tingkat Kelas X nya, dan Tahun 2019 seluruh siswa KK TKR melaksanakan Kurikulum 2013.
Selanjutnya 2019 Murni melaksanakan Kurikulum revisi sesuai dengan Peraturan Dirjen Dikdasmen Nomor 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahlian SMK/MAK yang memeperinci  Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) menjadi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)  dalam Program Keahlian yang sama yaitu Teknik Otomotif.

Di bidang Praktek Kerja Industri (Prakerin), Kompetensi TKRO ini telah melaksanakan kerjasama dengan lebih dari 10 Dunia Usaha dan Dunia Industri, bahkan dengan ada hubungan dan komunikasi yang baik terhadap pelaksanaan Prakerin ini pada bulan Februari 2020 Kompetensi TKRO SMK Bina Kerja resmi menjadi Sekolah binaan PT. Astra International Tbk – TSO Auto2000 Purwakarta. Dan di tahun 2020 ini  semua siswa kelas XI yaitu sebanyak 98 siswa in syaa Allah akan melaksanaan Prakerin di Auto2000 mulai Bulan Oktober 2020 sampai Maret 2021.

Demikian sejarah singkat perkembangan Jurusan Mesin Otomotif (MO) menjadi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO).
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *