SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN

Teknik Pemesinan (TP) pertama di buka di SMK Bina Kerja sesuai dengan Tahun pertama berdirinya SMK Bina Kerja di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bina Kerja Kab. Purwakarta yaitu Tahun 2002.
Pada saat pertama di buka dengan kurikulum lama, Bidang Keahlian ini masuk dalam Bidang Keahlian Teknologi dan Industri dengan Jurusan Mesin Perkakas (MP) yang meliputi semua mesin perkakas untuk Fabrikasi. Kemudian mendapatkan sertifikat Akreditasi (Pengakuan untuk kemandirian) dari Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Jawa Barat pada tahun 2004.
Dalam perjalannya terdapat perubahan Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah yang memerinci Jurusan dalam Bidang Keahlian menjadi spektrum pada Tahun 2009. Sehingga Jurusan menjadi Program Keahlian Teknik Mesin dan Kompetensi Keahlian (KK) Teknik Pemesinan (TP) yang mempelajari khusus mesin-mesin pabrik dari Teknik gambar sampai ke Mesin otomatis  CNC (Computer Numerical Control/ Komputer Kontrol Numerik).

Alhamdulillah Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan ini Tahun 2010 dan Tahun 2015 mendapatkan Akreditasi Kembali yg ke 2 dan ke 3 kalinya dengan Nilai B. Serta Layak untuk melaksanakan Ujian Mandiri Mulai Tahun 2005 tanpa menginduk di Sekolah lain dengan Fasilitas yang Cukup Layak dan sangat layak melaksanakan Uji Kompetensi KEahlian (UKK/Ujikom) di Tahun 2011.

Pada Tahun 2017 Mulai melaksanakan Kurikulum 2013 di tingkat Kelas X nya, dan Tahun 2019 seluruh siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan (TP) melaksanakan Kurikulum 2013.
Selanjutnyapada Tahun 2019 seluruh kelas melaksanakan Kurikulum revisi sesuai dengan Peraturan Dirjen Dikdasmen Nomor 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahlian SMK/MAK dengan Program Keahlian dan Kompetensi KEahlian yang masih sama yaitu Teknik Mesin dengan Kompetensi Teknik Pemesinan.

Di bidang Praktek Kerja Industri (Prakerin), Kompetensi Teknik Pemesinan ini mendapatkan kesempatan Prakerin di perusahaan-perusahaan negara seperti PT. Aerospace Indonesia (PT. Dirgantara Indonesia) serta PT. PINDAD (Perindustrian TNI Angkatan darat) , serta perusahaan-perusahaan dalam kota Kabupaten Purwakarta sebagai kota industri. Bahkan kerjasama ini bukan hanya dalam bidang prakerin saja, melainkan juga magang guru serta tenaga pengajar dari indutri dalam pelaksanaan progran in dan out.

Demikian sejarah singkat perkembangan Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Bina Kerja Kab. Purwakarta.
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *