“SEJARAH SINGKAT SMK BINA KERJA”

SMK Bina Kerja berdiri pada tahun 2002 dibawah “Yayasan Pendidikan Bina Kerja” dengan Ketua Yayasan Bapak H. Endang Badrudin dengan ijin operasional 2 (dua) jurusan yaitu Program Teknik Mesin dengan Jurusan Mesin Perkakas (MP) dan Teknik Otomotif dengan Jurusan Mesin Otomotif (MO). Dengan Kepala Sekolah Bp. Drs. Eman Suherman pada periode 2002 – 2004. Tahun 2004 mendapatkan Akreditasi oleh BAN S/M Provinsi Jawa Barat dengan Peringkat B sehingga SMK Bina Kerja layak untuk menyelenggarakan Ujian Mandiri pada kepemimpinan Kepala Sekolah Bp. Drs. Zulkifli. Pada Tahun 2008 terjadi retrukturisasi dengan Kepala Sekolah Bp. Drs. Hendarmin sampai Tahun 2009 dan dilanjutkan oleh Bp. M. Lukman. S.T. Saat Kepemimpinan Bp. M. Lukman S.T SMK Bina Kerja mendapatkan Akreditasi lagi dari BAN S/M Provinsi Jawa Barat dengan predikat B Tahun 2010. Pada Tahun ini pula Kepala Sekolah mendapatkan musibah Kecelakaan, sehingga terjadi pergantian Kepala Sekolah kembali dengan pengganti Bp. Andun. S.Pd. Pada tahun 2014 dilakukan akusisi/pindah kepemilikan yayasan menjadi Yayasan Pendidikan Bina Kerja Purwakarta dengan Ketua yayasan M. Maghfur dan Kepala Sekolah Bp Andun, S.Pd.

Pada tahun 2016 terjadi perubahan izin operasional yang ke 2 dan sekaligus terdapat perubahan organisasi di Yayasan dan SMK Bina Kerja Purwakarta. Ketua Yayasan Pendidikan Bina Kerja Purwakarta Sdri. Yuliati dengan Kepala Sekolah M. Maghfur. Pada tahun 2016 SMK Bina Kerja Purwakarta menjadi 3 (tiga) jurusan : Jurusan Teknik Pemesinan (TP), Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Jurusan Akuntansi (AK). Berjalannya tahun SMK Bina Kerja Purwakarta selalu mengembangkan model pengajaran dan model pembelajaran. Untuk model pengajaran guru senantiasa setia terhadap SMK Bina Kerja artinya guru tidak merangkap ke sekolah lain. Untuk model pembelajaran SMK Bina Kerja Purwakarta selalu menerapkan Model Drop out (DO).

Alhamdulilah sejak 2017-sekarang SMK Bina Kerja dalam Penerimaan siswa baru selalu melebihi kuota/target, Teknik Pemesinan (TP) tadinya 2 rombel menjadi 3 rombel (36 siswa x 3) hingga 2020. Untuk Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di tahun 2018 menyusul Teknik Pemesinan semula menerima 2 rombel menjadi 3 rombel (36 siswa x 3) hingga tahun 2020. Sedangkan Jurusan RPL 1 rombel.

Kerjasama dengan Industri selalu dikembangkan baik industri kecil maupun industri internasional (PT. Hino Motor, PT. Pasific, Pt. Dirgantara Indonesia, Pt. Pindad, dll). Mulai tahun 2019 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) menjadi binaan Astra Motor/Auto 2000 Purwakarta hingga sekarang, sehingga siswa untuk jurusan TKR kelas XI semua di tahun 2020 PKL di Auto 2000 yang dimulai Bulan Oktober 2020-Maret 2021. Semoga kerjasama tersebut menambah nilai positip khususnya SMK Bina Kerja Purwakarta. Untuk melihat lebih lanjut tentang SMK Bina Kerja bisa dikunjungi https://smkbinakerjapwk.sch.id. Semoga bermanfaat.

Maghfur

Kepala Sekolah 2016-2020; 2020-sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *