Mengaktifkan Akun Belajar Kemdikbud

Apa yang dimaksud dengan Akun Pembelajaran?

Akun Pembelajaran adalah akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Akun Pembelajaran bertujuan untuk mendukung kegiatan belajar, baik Belajar Dari Rumah maupun pembelajaran tatap muka, melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Akun Pembelajaran dibuat dalam bentuk akun Google dengan domain @belajar.id.

Penggunaan Akun Pembelajaran bebas biaya.

Siapa saja yang mendapatkan Akun Pembelajaran?

  • Peserta Didik, meliputi:
    • SD dan Program Paket A kelas 5 dan kelas 6;
    • SMP dan Program Paket B kelas 7 sampai dengan kelas 9;
    • SMA dan Program Paket C kelas 10 sampai dengan kelas 12;
    • SMK kelas 10 sampai dengan kelas 13;
    • SLB kelas 5 sampai dengan kelas 12;
  • Pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • Tenaga Kependidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, meliputi:
    • Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah)
    • Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Bagaimana cara mengakses Akun Pembelajaran?

Pendistribusian Akun Pembelajaran dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:

  1. Operator Satuan Pendidikan masuk ke laman pd.data.kemdikbud.go.id lalu login;
  2. setelah masuk laman tersebut, Operator Satuan Pendidikan memilih tombol “Unduh Akun” untuk mengunduh dokumen CSV yang berisi daftar nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan; dan
  3. Operator Satuan Pendidikan mendistribusikan Akun Pembelajaran tersebut kepada setiap pengguna Akun Pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Pengaktifan Akun Pembelajaran dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:

  1. masuk laman mail.google.com;
  2. mengakses Akun Pembelajaran sesuai dengan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran yang diterima;
  3. menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran; dan
  4. melakukan penggantian akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.